Saturday, November 26, 2016

Cek Data Ganda dengen Conditional Formatting di Excell

Ketika kita sedengan ngenerjakan suatu pekerjaan pada alikasi excell, mungkin karena saking banyaknya data yang kita input dan mungkin karena lelahnya fisik saat menginput data yang menyebabkan tidak fokusnya kita saat pengerjaan penginputan data pada aplikasi excell, sehingga bukan tidak mungkin bisa terjadi kesalahan penginputan data, baik itu dari segi kurang atau lebihnya karakter yang dimasukkan pada cell tertentu, atau mungkin menginput data secara double yang mengakibatkan keabsahan data kurang akurat.

Bagi saya pribadi pengecekan data ganda ini sangatlah penting karena apabila terdapat data ganda pada file excell yang sedang saya kerjakan, tentunya ini akan menghambat proses pengerjaan file tersebut untuk selanjutnya. Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui atau mengecek apakah pada file excell yang kita gunakan terdapat data ganda atau tidak, misalnya dengan menggunakan rumus IF pada aplikasi microsoft excell tersebut, namun biasanya kalau menggunakan rumus IF akan memerlukan cell lain untuk memvalidasi apakah ada data yang sama atau tidak.

Pada aplikasi Microsoft Office Excell kita bisa memanfaatkan menu Conditional Formatting untuk melakukan validasi data ganda pada data yang sedang kita kerjakan, hal ini biasa dilakukan pada saat saya mengerjakan File EMIS (kalau Operator Madrasah  tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama EMIS 😁) .

Cek Data Ganda dengan Conditional Formatting 

Untuk melakukakn validasi data ganda dengan menggunakan Conditional Formatting kita bisa melakukan langkah-langkah sederhana seperti berikut:

1. Buka file excell yang akan kita cek 


Sebagai contoh kita akan mengecek data ganda pada kolom B, pada saat pengecekan di lapangan tentunya data yang akan kita cek tidak berjumlah 7 orang 😁, bisa saja kita mengecek data yang akan di validasi mencapai ratusan atau munkin ribuan, kalau menggunakan cara pengecekan manual tentunya itu akan memakan waktu yang tidak sebentar. 

2. Blok Seluruh kolom B
3. Pada menu Home klik Conditional Formatting  



4. Kemudian pilih New Rule akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah 


5. Pada kotak dialog di atas kita memilih Format Only unique or duplicate values, pada Format all pilih duplicate dan pada Format kita bisa memliih tab Fill  untuk memberikan efek warna pada data yang ganda, (saya lebih sering memilih format ini untuk mencari data ganda, karena terlihat jelas) setelah itu klik OK.

Sekalarang kita lihat hasilnya seperti pada gambar di bawah ini


Pada gambar di atas kita dapat melihat data yang double terlihat di tandai dengan warna merah, dan ini akan memudahkan kita untuk memperbaiki data tersebut. hal ini bisa juga dilakukan pada pengecekan data lainnya, seperti NISN, atau NIS lokal pada aplikasi EMIS. 

No comments: