Saturday, November 26, 2016

Penomoran Otomatis dengan Counta di Microsoft Excell

Dalam pengolahan angka atau data banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang dalam pekerjaan sehari-hari, namun dari sekian banyak aplikasi pengolahan angka atau data para pengguna komputer lebih banyak memilih aplikasi yang dibuat oleh microsoft yang salah satunya adalah aplikasi microsoft office excell yang merupakan bagian dari paket aplikasi microsft office. 

Aplikasi microsoft office excell banyak dipilih dan digunakan oleh para pengguna komputer karena dirasa sangat mudah dalam penggunaannya, dan memiliki tampilan yang sangat user friendly dibandingan dengan aplikasi sejenis lainnya, yang memiliki fungsi dan manfaat yang hampir sama. 

Para programer biasa menggunakan aplikasi microsoft office excell untuk membuat aplikasi yang berbasis file excell dengan memadukan beberapa bahasa pemograman, seperti bahasa microsoft visual vasic di dalamnya, sehingga menghasilkan file excell yang berupa aplikasi siap pakai yang sekarang banyak digunakan baik dalam bidang pendidikan perkantoran atau bahkan bidang perdagangan.

Saat pengolahan data atau membuat aplikasi berbasis file excell tentunya selalu ada yang namanya penomoran baik itu penomoran untuk memberikan identitas atau mungkin juga untuk memberikan kemudahan dalam pemberian posisi urutan data. bagi sebagian orang penomoran bisa saja dilakukan secara manual, namun bagi sebagian lagi seperti yang terbiasa untuk membuat aplikasi yang berbasis file excell mungkin mereka lebih memilih penomoran secara otomatis, karena selain menghindari adanya penomoran yang mungkin bisa saja ganda, ini juga digunakan untuk tujuan menghindari kesalahan pengguna apabila pengguna lupa melakukan penomoran.

Untuk melakukan penomoran secara otomatis sebenarnya banyak cara atau langkah yang bisa dilakukan, namun pada kali ini kita akan menggunakan rumus =COUNTA pada aplikasi microsoft office excell.

Sebagai contoh kita akan memberikan penomoran pada kolom A, dan memasukan data di kolom B, maka ketika kita memasuka data di kolom B secara otomatis kolom A akan berisi nomor urut sesuai dengan posisi urutan dan banyaknya urutan data yang kita masukkan pada kolom B.

Sebagai contoh kita bisa lihat pada gambar di bawah ini 


Dari gambar di atas kita bisa memasukkan rumus di cell A2. rumus =COUNTA(B$2:B2) sehingga secara otomatis pada cell A2 akan berisi nomor urut, namun setelah di copy nampak pada kolom A menunjukan nilai terakhir penomoran walaupun pada kolom B data dikosongka, maka untuk mencegah hal seperti di atas kita memelukan fungsi =IF dengan cara apabila kolom B dikosongkan maka kolom A pun akan kosong, sebaliknya jika kolom B di isi data, maka kolom A akan berisi nomor urut secara otomatis, maka selanjutnya kita menambahkan rumus if  tersebut pada cell A2, yang awalnya =COUNTA(B$2:B2) menjadi =IF(B2="","",COUNTA(B$2:B2)) maka hasilnya akan seperti nampak pada gambar di bawah:


Dengan demikian Pada kolom A akan kosong bila pada kolom B tidak di input data. untuk lebih jelasnya file bisa di download di sini

1 comment:

Anonymous said...

Top online casino games for real money - Kalama Pintar
In a 바카라사이트 world in which the most popular games, like Blackjack, Roulette, Blackjack, and many other card youtube to mp3 games, are 온카지노 now online, and this includes slots.