Tuesday, November 22, 2016

Tumbuhan Sebagai Media Sederhana Pembelajaran

Di era globalisasi ini, kesejahteraan Sosial suatu bangsa bukan lagi bersumber hanya pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik saja, tetapi juga bersumber pada modal intelektual, modal sosial dan kepercayaan diri sebagai anak bangsa. Pengembangan model intelektual mengandung tuntunan untuk terus menerus memperbaharui ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) Sesuai dengan perkembangan dunia. Sementara itu kualitas sumber daya manusia Indonesia tidaklah cukup bila diukur dengan standar lokal saja sebab perubahan Global telah sangat mempengaruhi tuntunan kualitas di bidang sumber daya manusia. Bahkan saat ini tingkat kompetensi yang dikuasai seorang harus memenuhi standar tertentu agar bisa ikut dalam aktivitas masyarakat dunia. Sebagai konsekuensinya pendidikan sekarang harus berkualitas dan berwawasan internasional. 

Pemanfaatan berbagai sumber belajar merupakan langkah positif yang telah banyak dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. Salah satu sumber belajar yang sekaligus berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran adalah media pembelajaran baik Media elektronik maupun non elektronik.

Media sederhana bukan berarti media yang dihadirkan hanya didalam kelas saja media sederhana juga jangan diartikan sebagai media yang dibeli di toko dengan harga yang murah, berbagai sumber daya alam seperti lingkungan sekolah dan rumah merupakan salah satu sumber belajar dan sumber kreatif yang bisa menciptakan dan mengembangkan berbagai ragam media sederhana. 

Bagi para ilmuwan dan pendidik tumbuhan hidup bisa bermanfaat dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam, tumbuhan hidup sangat bermanfaat apabila digunakan untuk menjelaskan fenomena alam dan berbagai akibat yang ditimbulkan oleh berbagai ulah manusia, di lingkukan belajar tumbuhan hidup dapat membantu pendidik dalam menjelaskan berbagai materi pelajaran kepada peserta diddik, tumbuhan hidup yang kita manfaatkan tidak hanya dapat digunakan menjelaskan tumbuhan itu sendiri tetapi juga menjelaskan berbagai proses dan akibat yang ditimbulkan oleh proses kehidupan lainnya.

Begitu banyak kegunaan tumbuhan hidup bagi pembelajaran menyebabkan tumbuhan hidup bisa dijadikan suatu media sederhana untuk menjelaskan berbagai fenomena alam, konsep dan materi pelajaran yang sukar dijelaskan jika hanya diberikan deskripsinya di depan kelas.

Berikut beberapa alasan menggunakan tumbuhan sebagai media sederhana :
  1. Pengintegrasian materi lokal
  2. Meningkatkan daya tarik mata pelajaran IPA
  3. Peningkatan kesadaran tentang lingkungan hidup yang sehat
  4. Pengenalan dan penghargaan adanya berbagai keanekaragaman sumber daya alam hayati di Indonesia
  5. Meningkatkan kreativitas dan imajinatif anak didik

No comments: