Tuesday, November 22, 2016

Resize File PDF

Dalam keseharian kita tentunya sudah mengenal file Portable Document Format (PDF) dimana PDF adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Dalam perkembangannya, file PDF sudah banyak sekali dan sering kita gunakan dalam keseharian kita, baik itu untuk media surat, informasi dan sebagainya, dari sekian banyak penggunaan file PDF, tidak sedikit para pencari kerja menggunakan file ini untuk pelengkap dalam persyaratan melamar pekerjaan secara online, bagi para karyawan prusahaan atau pemerintahan tentunya file PDF ini sudah barang pasti banyak digunakan, namun terkadang apabila file PDF yang akan kita kirim tidak sesuai dengan yang inginkan dalam hal ukuran, tentuya ini akan sedikit menghambat pekerjaan atau tujuan kita untuk mengirimkan sebuah file PDF, baik melalui email maupun web server dengan cara di upload.

Memperkecil ukuran File PDF

Tentunya tidak sedikit aplikasi yang bisa mengubah ukuran dari file PDF ini, baik aplikasi yang bersifat offline maupun online. untuk kali ini saya akan membahas tentang aplikasi Adobe Acrobat DC dimana dengan aplikasi ini kita bisa melakukan banyak hal yang kita iginkan terhadap file PDF yang kita miliki. Baik untuk memperkecil ukuran file PDF kita bisa membuka aplikasi Adobe Acrobat DC (sebelumnya kalau yang tidak ada bisa di download dulu aplikasinya kemudian di install)  berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka Aplikasi Adobe Acrobat DC
  2. Buka file PDF yang akan kita perkecil ukurannya 
  3. Kemudian klik menu file ~> Save as Other ~> Reduce Size PDF... (seperti pada gambar di bawah ini)   

4. Kemudian pada Make compatible with pilih salah satu pada list yang kita inginkan untuk contoh         kali ini kita pilih Acrobat 4.0 and later dan pilih Ok
5. Setelah itu kita akan diarahkan pada lokasi penempatan file PDF yang barusan kita perkecil, kita         bebas meletakan file tersebut dimana saja sesuai yang kita inginkan. 
    Dan kita bisa lihat file PDF yang barusan kita save as sudah berubah ukurannya. Tentunya perlu di     ingat dengan mengubah ukuran file PDF tersebut  akan mengurangi kualitas file PDF tersebut, dari     segi gambar biasanya file yang telah diubah ukurannya tidak akan sama persis dengan kualitas             gambar pada file PDF yang aslinya. 

    Demikian cara sederhana mengubah ukuran File PDF kali ini.


No comments: